10 Anime yang Dicekal di Indonesia

Anime atau yang berarti ‘cartoon’ dalam bahasa inggris memang menjadi hiburan tersendiri bagi para penikmatnya. Cerita yang kocak dan imaginatif, kemudian dihidangkan dengan gambar yang atraktif dinilai memberikan kesan tersendiri di kalangan anak-anak. Dan dari sini lah kemudian film Anime digolongkan ke dalam acara anak-anak, walau sebenarnya di negara asalnya, Jepang, ada Anime khusus remaja bahkan dewasa. Hal tersebut membuat banyak pencekalan berbagai Anime yang tayang di Indonesia, seperti anime-anime berikut ini;

1. Death Note

1 detnot-res
Banyaknya adegan kekerasan dari awal hingga akhir cerita membuat anime yang bercerita tentang Light Yagami yang menemukan sebuah buku ‘Death Note’ dicekal. Terlalu banyaknya adegan pembunuhan dengan hanya sebuah buku dinilai tak pantas untuk dipertontonkan kepada anak-anak.

2. Air Gear

2. air gear-res
Anime yang menceritakan tentang Itsuki “Ikki” Minami, ketua geng remaja yang terlibat dalam dunia ‘air gear’ (semacam roller blade) ini banyak menampilkan cewek berpakaian minim. Salah satu tokohnya adalah Ringo dan Simca. Tak hanya itu, di sini juga banyak menampilkan adegan ecchi (menjurus ke porno). Di Jepang sendiri, sebenarnya ‘Air Gear’ adalah tontonan khusus remaja.

3. Rave Master

3. rave_master_1
Cerita tentang seorang pengguna Rave (semacam pedang dengan batu kekuatan khusus) melawan kejahatan ini juga dicekal di Indonesia. Meski tampilannya nggak vulgar-vulgar amat, namun pertarungannya yang sadis dinilai membawa contoh buruk bagi perkembangan otak anak.

4. Pichi Pichi Pitch

4. pichi_pichi_pitch_pageimage
Meski belum sempat tayang di Indonesia, ‘Pichi Pichi Pitch’ langsung mendapat kecaman. Para tokoh utama putri duyung ini memang masih SMP, namun pakaiannya yang terlalu seksi, serta banyaknya adegan ciuman hingga ML, membuat alasan pencekalannya semakin kuat.

5. Detective Conan

5. detective_conan_by_dimensi1-res
Tak perlu dijelaskan lebih lanjut mengenai alasan pencekalannya. Cerita tentang Conan yang menangani kasus kematian sadis, pembunuhan, serta pencurian, sudah menjadi alasan kuat untuk tidak membuat kisah detektif cilik ini tak layak untuk dikonsumsi anak-anak.

6. Crayon Shinchan

6. shin_chan
Mengisahkan tentang seorang anak TK, Shinchan benar-benar tak layak dijadikan contoh untuk anak-anak sebayanya. Lihat aja moralnya yang selalu mikir jorok.

7. Inuyasha

7. inuyasha-res
Apa lagi alasannya kalau bukan banyaknya pembunuhan-pembunuhan sadis, perkelahian yang terlalu ekstrim, serta konflik antar keluarga, yang membuat anime ini dicekal??

8. One Piece

8. ONE_PIECE-res
One Piece mengandung banyak sekali unsur kekerasan yang memang tergolong ke dalam sadisme yang cukup tinggi. Selain itu, cewek-ceweknya tergolong seksi.

9. Naruto

9 naruto-res
Masih tentang kekerasan, cara pembunuhan para ninja-ninja ini memang cukup sadis. Bahkan ada kabar kalau sampai ada yang meninggal karena mempraktekkan adegan berbahaya didalamnya. Wuaaahh.. udah kayak acara ‘Smack Down’.

10. Bleach

10 Bleach-bleach-anime-17385481-1920-1200-res
Sama seperti yang lainnya, anime ini banyak mengandung unsur kekerasan dan cewek berpakaian seksi. Tapi ada catatan khusus nih untuk ‘Bleach’, anime ini masih boleh tayang seminggu sekali, asalkan hanya setengah jam, tak boleh lebih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s